Resep Klapertart Kukus Kismis Sederhana Lezat

Resep Klapertart Kukus Kismis Sederhana Lezat – Selamat siang bunda yang cantik dan manis. Apa kabarnya hari ini? masih pengen nyobain resep baru dari saya. Sekilas info ya bunda, setelah dalam artikel sebelumnya saya sudah menulis artikel mengenai resep klapertart yang dimasak dengan cara dipanggang atau dioven. Nah sekarang saatnya saya ingin melanjutkan resep mengenai klapertart. Namun kali ini klapertartnya tidak dimasak dengan cara dipanggang, melainkan dengan cara dikukus.

Sebenarnya cara membuat atau memasak klapertart bisa digunakan dengan 3 cara loh bunda, yaitu dengan cara dipanggang, dikukus dan nobake (atau tidak dipanggang ataupun dikukus). Maka dari itu, setelah bunda mencoba membuat klapy (nama singkatnya y bunda) panggang, sekarang yuk ditambah lagi pengalamannya dengan membuat klapy kukus. Saya berani jamin deh rasanya juga ga kalah lebih enak, jika dibandingkan dengan jenis klapy lainnya.

Kan lebih seru jika bunda bisa membuat klapertart dengan berbagai cara. Jadi pada saat bunda lagi ada acara ataupun mau membuat sesuatu yang beda untuk keluarga, bunda tentunya sudah punya gambaran. Bahan yang saya gunakan kali cukup sederhana kok bunda, dan caranya juga ga ribet dan bisa dibilang cukup praktis. Ga percaya? yuk dilihat saja cara membuat klapertart kukus sederhana berikut ini:

Resep Klapertart Kukus

Resep Klapertart Kukus

Resep Klapertart Kukus

Bahan I Klapertart Kukus:

  • 2 butir kuning telur
  • 1,5 gelas tepung terigu (merk apa saja)
  • 1 gelas susu cair (merk apa saja)
  • 1 sendok teh vanilla essence

Bahan II Klapertart Kukus:

  • 100 gram margarine
  • 2 gelas air kelapa
  • 1 gelas susu cair
  • 1/2 gelas gula pasir

Resep Kue Lainnya Yang Patut Dicoba:

Bahan Topping Klapertart Kukus:

  • 1 butir daging kelapa muda, serut
  • Kayu manis bubuk bubuk secukupnya
  • Kismis secukupnya
  • 1 sendok teh vanilla essence

Cara Membuat Klapertart Kukus :

  1. Pertama-tama, siapkan wadah berukuran sedang, kemudian masukkan bahan I (tepung terigu, susu cair, kuning telur dan vanilla essence), aduk-aduk hingga rata dengan sempurna dan mengental. Sisihkan.
  2. Selanjutnya siapkan panci anti lengket, kemudian masukkan bahan II (air kelapa, susu cair, margarine dan gula pasir), aduk-aduk lagi hingga bahan tercampur rata. Lalu tuangkan adonan klappertart diatas (adonan I) kedalam panci anti lengket. Aduk-aduk lagi.
  3. Setelah bahan I dan bahan II klapertart tercampur, nyalakan kompor dengan suhu api kecil. Kemudian masak dan aduk-aduk hingga rata, agar bahan adonan klapertart tercampur dengan rata hingga mengental dan meletup-letup atau mendidih.
  4. Jika adonan sudah mengental, lalu masukkan kelapa muda yang telah diserut sebelumnya, aduk-aduk lagi sebentar. Matikan api.
  5. Langkah selanjutnya tuangkan adonan kedalam cetakan atau bisa juga ditaruh dalam alumunium foil. Kemudian taburi atasnya dengan kismis secukupnya atau sesuai selera.
  6. Setelah selesai diberi topping pada adonan klapertartnya, sekarang saatnya untuk mengukusnya. Kukus adonan klapy yang telah jadi dengan api sedang kurang lebih selama 10 menit. Jika sudah matang, matikan kompor dan taruh klapertart didalam piring saji.
  7. Klapertart siap untuk dihidangkan.

Demikian resep klapertart kukus kismis sederhana dan cara membuatnya langkah demi langkah. Oh ya bunda, resep diatas sengaja saya buat menjadi bahan I dan bahan II, hal tersebut saya lakukan untuk mempermudah bunda mencobanya dirumah. Sehingga bunda tidak binggung jika ingin membuatnya sendiri dirumah. Klapertart lebih enak dihidangkan dalam keadaan dingin, jadi sebelum bunda menghidangkannya, lebih baik bunda simpan dulu kedalam kulkas. Oke sekian dulu artikel hari ini, jangan takut untuk mencoba ya bunda. Terima kasih dan selamat mencoba.